Apa Itu AKB48?

AKB48 adalah sebuah Idol Group yang berasal dari Jepang. Idol Group ini didirikan dan diproduseri oleh Yasushi Akimoto, berawal dari idenya dengan membuat grup idola atau Idol Goup yang berbasis teater dimana para penggemar bisa melihat idola mereka setiap hari. Tak lama kemudian Yasushi Akimoto atau yang lebih dikenal dengan AkiP ini memperkenalkan AKB48 dengan konsep "Idola yang dapat kamu temui" ("Idol that you can meet"). Nama AKB48 itu sendiri sebenarnya berasal dari nama area Akihabara di Tokyo dimana pada lantai ke-8 toko Don Quijote terdapat teater milik Idol Group ini. Sampai saat ini, AKB48 masih tampil di teater setiap harinya dengan permintaan tiket dengan jumlah yang sangat besar.

Idol grup ini memiliki popularitas yang tinggi di Jepang, terbukti dari singel-singel terakhir mereka yang selalu berhasil memuncaki sebuah tangga lagu mingguan di Jepang. Lagu seperti Heavy Rotation telah berhasil menduduki peringkat pertama dalam daftar singel paling laris di jepang pada tahun 2010. Sampai saat ini, berbagai macam album dan singel AKB48 telah terjual lebih dari sepuluh juta kopi. Selain itu, banyak acara TV yang mereka bawakan di Jepang seperti AKBINGO!AKB48+10, dan bahkan bermain dalam Dorama seperti Majisuka Gakuen atau sebagai pengisi suara dalam anime AKB0048.

Anggota-anggota dari AKB48 saat ini telah mencapai puluhan, tak heran jika AKB48 memegang Guiness World Record sebagai grup pop terbesar di dunia. Dengan terdiri dari 4 Tim: Tim A, Tim K, Tim B, dan Tim   4, dimana setiap tim akan memproduksi sebuah konser baru tiap musim teatrikal.

Kini AKB48 telah memiliki sister group lain seperti SKE48 yang berbasis di sebuah teater di Sakae, Nagoya; NMB48 yang berbasis di sebuah teater di lantai dasar Gedung Yes-Namba, Namba, Osaka; HKT48 yang berbasis di Hakata, Fukuoka; JKT48 yang merupakan sister group pertama AKB48 yang berada di luar Jepang dan berbasis di sebuah teater di lantai 4 mal FX Sudirman, Jakarta; serta SNH48 yang berbasis di Sanghai, China.

0 comments:

Post a Comment

 

48 Family Bali YouTube Spot

Twitter Updates

Like Us On Facebook!